[Latest News][6]

Afirmasi
Analisa Kelayakan Pabrik
Belajar Desain
Belajar English
Belajar Excel
Bio Orang Sukses
Bisnis
Bisnis Online
Blueprint
CRSA
E-Business
Ego State
Forecasting
Industrial
JIT
K3
Karir
Kompilasi
Kupas Buku
Leadership
Maintenance
Manajemen Proyek
Manajemen Resiko
Manajer
Mechanical Engineer
Mental Block
Motivasi
Pengembangan Diri
PPIC
Presentasi
SMK3
Soft Skill
Staff IT
Strategi Korporasi
TPM
Video Motivasi

Ini Dia! Kriteria Seorang Manajer Yang Baik

Jika berbicara soal kriteria manajer yang baik, mungkin akan banyak sekali yang bisa di utarakan. Tapi dalam beberapa literasi manajemen strategi dan leadership hanya ada beberapa saja yang akan sangat mempengaruhi baik-buruknya kinerja seorang manajer.

Manajer adalah, seseorang yang dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan apa yang dia perintahkan agar tercapainya tujuan perusahaan. Seorang manajer itu mempunyai tugas untuk melakukan perencanaan ( planning ), pengorganisasian ( organazing ), pengarahan ( actuating ) dan pengawasan ( directing ). Hal ini sering disingkat dengan POAC, dengan tugas manajemen ini dapat diharapkan manajer dapat melaksanakan kepemimpinan perusahaan dengan baik sehingga tujuan profit dapat dicapai dengan efisien dan efektif.

Lalu seperti apa kriteria Seorang manajer yang baik? Berikut ulasannya : 

1. Memiliki dedikasi yang tinggi terhadap tugas dan pekerjaannya, sehingga seorang manajer mampu dan siap melaksanakan tugasnya sebagai seorang manajer yang baik dan bukan menghindari tugasnya. 

2. Harus memikirkan terobosan dan planning ke depan, melalui perencanaan-perencanaan bisnis yang baik, sehingga perusahaan melalui perencanaan tersebut terbimbing dengan baik. Dengan perencanaan dapat diketahui efektifitas operasional perusahaan. 

3. Harus berhubungan terampil dengan orang lain dan memberi umpan balik ( feed back ) yang positif atas kesolitan kinerja. 

4. Seorang manajer, harus memperhatikan pertimbangan-pertimbangan finansial, layanan pelanggan, efektifitas operasional.

5. Terampil mengelola emosi

Dengan terampil mengelola emosi diri maka seseorang akan lebih terlihat berwibawa dan tentunya akan banyak disenangi bawahan. Sehingga akan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif.

6. Pendengar yang baik

Apapun itu namanya, jika ia seorang pemimpin dan memimpin akan menjadi lebih bernilai jika mampu mendengarkan keluhan serta masukan dari bawahan sekalipun. Pemimpin yang bijaksana akan benar-benar mengelola input yang masuk dan menjadikannya tolak ukur keberhasilannya secara realtime.



Nah cukup sederhana bukan? Semoga bermanfaat ya.

SALAM SUKSES





Ardy Miraldy

Seorang enterpreneur yang memiliki cita-cita setinggi bintang-bintang dan menjadi manusia paling bermanfaat di muka bumi